selamat datang di blog yang dikhususkan buat teman2 yang interest di bidang transportasi.....

(selaen transport juga gpp c.. sing penting happy! heheh)

Senin, 29 Agustus 2011

syarat disertasi

semua orang bisa jadi doktor, kalo ga bisa S3 yaa minimal mondok di kantor lah, doktor juga khan ?

sehubungan saya lagi pusing mikirin bagimana caranya bikin disertasi, saya mo sharing dikit ah, apa sich syaratnya kalo kita mo bikin disertasi.
kebetulan belom lama dapet kuliah tentang penulisan disertasi, kata Pak Dosen, setidaknya ada dua syarat yang harus dipenuhi untuk menyusun disertasi :
1. ada kontribusi orisinal terhadap keilmuan ;
2. disertasi bukan pemecahan masalah (problem solving).

untuk yang pertama, ke-orisinil-an itu hukumnya wajib untuk sebuah disertasi, jadi kita ga boleh bikin disertasi yang udah dibikin orang lain, nge-jiplak, copy paste gituh, ga banget lah.. boleh-boleh aja kalo kita masih taman kanak-kanak misalnya ngegambar dengan meniru gambar orang lain kalo bikin disertasi denga ngejiplak bikinan oran gitu hukumnya haram kale..
kontribusi juga wajib karena di akhir disertasi kemudian kita harus menyatakan kontribusi kita seperti apa, ada klaim bahwa kita telah mengontribusikan sesuatu.. ga harus hal besar seperti penemuan E=mc2 nya Einstein, kontribusi kecil juga ga masalah asal hasil pemikiran sendiri..


kedua, disertasi bukanlah penelitian yang bersifat penyelesaian masalah, katakanlah bagaimana menangani kemacetan lalulintas di jalan anu, meningkatkan kapasitas persimpangan anu, bagaimana mengatasi pasangan yang selingkuh.. itu bukan disertasi, itu hanya boleh untuk penulisan skripsi (s1) atau thesis (s2) aja.. kalo disertasi kita dituntut untuk menggali lebih dalam lagi dengan cara mengkaji penelitian yang sudah ada dengan terus mempelajari referensi sebanyak-banyaknya...

kira-kira begitu dech syarat penulisan disertasi.. jika diantara kita pernah membaca sebuah disertasi yang belum memenuhi dua standar diatas maka mungkin kita bisa bertanya lagi, itu tulisan seorang doktor ato seseorang yang cuma mondok di kantor.. hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar