selamat datang di blog yang dikhususkan buat teman2 yang interest di bidang transportasi.....

(selaen transport juga gpp c.. sing penting happy! heheh)

Minggu, 30 Januari 2011

sampe kapan boleh naek mobil ?

"persediaan bahan bakar fosil kita hanya akan cukup sampe tahun 2018, jika kita menghemat mungkin bisa sampe 2020" itu statement mengerikan yang pernah saya dengar dari sebuah sumber yang kayaknya sich bisa untuk dipercaya...

bener ato ga nya statement itu saya ga berani untuk menjamin, tapi jika kita lihat fenomena saat ini maka itu bukanlah hal yang mustahil. untuk Indonesia saja, menurut Gaikindo "Pasar mobil tahun 2011 diperkirakan akan mampu menembus angka 800 ribu unit atau naik 11 persen dibanding tahun 2010 sekitar 720 ribu unit".

anggap saja dech statement diatas benar adanya.. lalu apa yang harus kita lakukan ?
tentu saja selalu ada sekurang-kurangnya dua alternatif  dalam segala sesuatu..
alternatif pertama, kita nikmati saja pemakaian mobil berbahan bakar fosil (minyak) sampe waktunya habis, biarin aja dech ga usyah difikirin anak cucu kita mah, nanti juga mereka akan cari teknologi baru untuk mobilitasnya katakanlah mereka cari teknologi dengan tenaga surya, tenaga air, tenaga matahari, whatever...
alternatif kedua, anggap saja kita punya sedikit kepedulian kepada generasi penerus kita.. dari sekarang kita mulai berhemat dengan mengurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil tadi ke moda (kendaraan) lain yang ramah lingkungan seperti naek sepeda, andong, ato becak yang jelas-jelas tingkat polusinya juga rendah, paling-paling juga "olok kejo" (=ngabisin nasi gitu rojer!) karena sekali narik tukang becaknya makan dua piring gitu... ato bisa juga pemerintah "memaksakan" pengalihan moda (kendaraan) ini dengan menggalakan angkutan umum massal, terserah mo berbasis rel (dengan kereta api) ato berbasis jalan (dengan prioritas untuk bus besar).. apa aja yang penting penggunaan bahan bakar dibatasi habis-habisan..

saya ga faham alternatif mana yang mungkin disukai oleh kebanyakan kita.. yang jelas sekarang kita hidup di negara demokrasi yang katanya "one man one vote" (=satu orang satu suara), jadi hak Anda yang mungkin saat ini jadi jagoan terminal ato penguasa kawasan ato apa lah tetap sama dengan saya yang saat ini berprofesi sebagai tukang ngomentarin orang... kita lakukan aja jajak pendapat, kayak pemilu gitu lah... kita tanya seluruh warga masyarakat dari aki-aki sampe yang baru lahir : "Anda pilih mana, mau pake sepeda ato naik angkutan umum ato tetep hura-hura dengan kendaraan pribadi?"

kira-kira pegimana yaa hasilnyaaa ??? ;)

------
bacaan :
gasprices.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar