selamat datang di blog yang dikhususkan buat teman2 yang interest di bidang transportasi.....

(selaen transport juga gpp c.. sing penting happy! heheh)

Senin, 19 Desember 2011

uji mental Descartes

seorang tertuduh diadili atas pembunuhan. ada bukti kuat yang menunjukkan kesalahannya, tetapi tidak ditemukan mayatnya. dalam pernyataan penutupnya, pengacara tertuduh menggunakan trik. "ibu-ibu dan bapak-bapak Dewan Juri." katanya, "saya punya kejutan untuk kalian semua - dalam satu menit, orang yang dianggap mati akan memasuki ruang pengadilan ini."

dia menatap pintu ruang pengadilan. para anggota Juri terkejut, semua memandang penuh keingintahuan. satu menit lewat. tidak terjadi apapun. akhirnya di pengacara berkata, "sebenarnya, saya ngarang ceritera mengenai orang mati yang berjalan masuk ke sini. tetapi Anda melihat semua pintu dengan penuh antisipasi. maka saya mengatakan kepada Anda bahwa ada keraguan yang masuk akal dalam hal ini mengenai apakah seseorang dibunuh, dan saya harus mendesak agar kalian mengubah keputusan menjadi "tidak bersalah"."

dewan juri mengundurkan diri untuk rapat. beberapa menit kemudian, mereka masuk dan menyampaikan keputusan "bersalah".

"tetapi kalian dapat berbuat itu?" ratap si pengacara. "kalian pasti mempunyai keraguan tertentu. saya lihat kalian semua melihat ke pintu."

juru bicara dewan juri menjawab, "ya, kami melihat, tapi klien Anda tidak melihat."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar