selamat datang di blog yang dikhususkan buat teman2 yang interest di bidang transportasi.....

(selaen transport juga gpp c.. sing penting happy! heheh)

Rabu, 31 Oktober 2012

Ga sabaran banget sich....



Mengemudi di kesemrawutan lalulintas kota seringkali membingungkan.. terlalu santai diklaksonin terus sama kendaraann yang di belakang, buru-buru nyiap sana nyiap sini juga sangat berbahaya karena baru ngegas dikit, ada pejalan kaki yang nyeberang, ngegas  lagi ada angkot yang berhenti, baru ngerem dan mo jalan lagi eeh ada sepeda motor seseleket pengen duluan....

Seperti tadi, saya terjebak kemacetan lalulintas karena pulang pas jam pulang kerja (biasanya sich saya pulang siang, kalo ga ya malem sekalian biar sepi). Seperti biasa saya santai-santai aja mengemudi, emang ga buru-buru sih, sesampainya aja mo jam berapa juga sampe di rumah ga masalah, sekalian menikmati kemacetan dan kesemrawutan lalulintas di Kota Bandung tercinta. Lagi santai-santai eeeh kendaraan di belakang saya terus aja ngelaksonin, “tiiit titt tittt“ katanya, ga ngelaksonin ngasih lampu dim.. bingung karena terus-terusan diklaksonin dan dikasih lampu dim, saya buka kaca, terus nengok ke belakang, kale aja pengemudi nya ada sesuatu yang mo disampaikan geto, saya liat dia ga ada respon tapi terus aja ngelaksonin sambil ngasih lampu dim.. saking bingungnya saya minggir aja terus turun ngecek kale aja ada pintu kendaraan saya yang kurang rapat, ato bagasi terbuka, ato apalah, tapi saya amati gada yang salah dengan kendaraan saya. sekilas saya amati wajah pengemudi tukang nglakson tadi, wajahnya sich keliatan baik, tapi kok ga sabaran banget ya. 

Setelah saya yakin ga ada apa-apa yang perlu dikhawatirkan, Saya jalan lagi aja dech, sambil ngamati kendaraan yang tadi terus ngelaksonin saya yang sekarang posisinya jauh di depan saya. Kebetulan ada jarak yang memadai saya bisa mendahului kendaraan lain dan sekarag berada tepat di depan saya. Dan ternyata perilakunya sama ! dia terus-terusan aja ngelaksonin kendaraan di depannya sambil ngasih lampu. Oohh saya fikir emang karakter pengemudinya aja yang seneng maen klakson, mungkin emang masa kecilnya kurang bahagia ato baru punya mobil kale jadi doyang banget maen klakson. Soalnya kalo emang mo mendahului khan ga perlu keseringan ngaksonin orang juga kale, lha wong saya aja yang tadi jauh di belakang bisa ngejar dia tanpa maen klakson...
Untuk memberi contoh bahwa mendahului kendaraan lain tidak perlu sambil dengan melakukan tindakan yang membingungkan orang lain, saya duluin aja dech dia, dan sekarang ada di depannya. Sekarang sich saya ga ambil pusing, mo diklaksonin sampe soak juga akinya ga akan saya pedulikan geto pikir saya.. tapi sayangnya ga lama kemudian kita berpisah karena beda arah....

Di hati kecil saya, saya heran banget, kenapa sih banyak banget orang yang merasa dirinya lebih berhak untuk didahulukan, kenapa ga mau antri, apa mereka ga inget bahwa kita semua para pemakai jalan ini sama-sama bayar pajak sehingga sama-sama punya hak dalam penggunaan fasilitas lalulintas. Saya ngalami hal seperti ini bukan sekali dua kali, bahkan hampir setiap hari, pengemudi nyerobot hak-hak pengemudi lain, kurang menghargai pejalan kaki. Saya malah pernah ngalami di jalan tol, pengemudi yang juga terus-terusan ngelaksonin sambil ngasih lampu, penasaran dengan prilakunya, saya kasih kesempatan untuk mendahului saya, ternyata setelah di depan saya, malah dia yang santai-santai dengan kecepatan rendah, tapi ya gitu itu, terus aja maen lampu + klakson ! dari dulu saya suka penasaran pengen ngeliat wajah orang yang menurut saya arogan seperti ini, dan menurut pengamatan saya sich, kalo diliat dari wajahnya sich rata-rata keliatan seperti orang baik-baik.
 
Mungkin Anda juga sering merasakan seperti apa yang saya sebutkan dan mungkin sesekali kita juga adalah pelakunya.. kira-kira kenapa sih kita jadi pada ga sabaran begini ya ?Saya  pernah berfikiran bahwa “perilaku ga sabaran, ga mau antri, pengen menang sendiri dan sejenisnya adalah bentuk ketidakpercayaan kita pada kekuasaan Tuhan”. Mungkin ga nyambung ya? Biarin aja, ketika berfikir seperti itu saya mengasumsikan bahwa setiap kita sudah membawa rejeki dan garis nasib masing-masing, ga perlu ngoyo, ga perlu grasa-grusu, sepanjang kita terus melakukan upaya dan menjalani kehidupan ini dengan kepercayaan penuh pada Tuhan maka akan tiba saat untuk kita semua.. beginoh.. and tokh sekalipun tadi saya santai-santai di jalan, buktinya sampai di rumah, saya masih sempet ngobrol sama keluarga, bahkan nulis di blog sekalipun ga penting... hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar